Jumat, 10 April 2009

Tujuan Akuntansi


Dalam kegiatan bisnis suatu unit usaha, para pelaku bisnis selalu dihadapkan pada berbagai alternatif keputusan yang harus dipilih. Keputusan yang rasional sangat dibutuhkan dalam menghadapi setiap persoalan bisnis. Akuntansi bertujuan untuk memberikan informasi yang memadai perihal kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilakukan. Akuntansi dirancang untuk menghimpun, mengukur dan mengkomunikasikan informasi keuangan kepada beragam pihak pengambil keputusan. Informasi akuntansi yang dihasilkan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para pemakai dari berbagai segi :
  • Mengalokasikan sumber-sumber daya langka masyarakat.
    Laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan, dapat mempengaruhi keputusan para penanam modal untuk berinvestasi. Mereka-mereka yang memiliki aset selalu berkeinginan mengharapkan imbalan yang sebesar-besarnya atas investasi yang mereka lakukan.

  • Mengelola dan mengarahkan sumber-sumber daya di dalam perusahaan.
    Manajemen perusahaan selalu ingin memastikan bahwa mereka telah mengelola sumber daya perusahaan secara baik. Pengawasan aset-aset perusahaan, unit-unit dalam perusahaan yang paling produktif dan sebagainya dapat mereka ketahui secara pasti melalui informasi akuntansi.

  • Melaporkan pertanggungjawaban sumber-sumber daya perusahaan.
    Untuk mengawasi dan mengevaluasi kinerja dari perusahaan, laporan-laporan yang dihasilkan dari proses akuntansi dapat dipakai sebagai pertanggungjawaban para pelaksana kegiatan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut