Minggu, 22 Maret 2009

Akuntansi - Sebuah Pengenalan Umum

Apa sih akuntansi tuch ?

Waduh ..., sorry gue ngga ngerti akuntansi!!
Wah..., kalo aku sich lebih suka pilih jurusan TI, MI atau yang laen deh…
Mas!! Minta tolong dong bantuin tugas akuntansi gue…

Ya ... begitulah kira-kira pengalaman saya sewaktu duduk di bangku kuliah dulu.

Akuntansi sepertinya menjadi sebuah jurusan yang kurang begitu diminati bagi sebagian besar anak-anak kuliah terutama kaum lelaki. Kebanyakan menganggap akuntansi adalah sesuatu yang sulit untuk dipelajari atau dimengerti. Padahal pada kenyataannya tidaklah demikian. Mempelajari akuntansi merupakan sesuatu hal yang menyenangkan. Secara tidak langsung, belajar akuntansi khususnya di bangku sekolah / kuliah kita mendapatkan sebuah dasar tentang bagaimana mengelola keuangan dengan cara yang benar.


Biasanya, selepas sekolah / kuliah kita pasti ingin melanjutkan karir dalam suatu lingkungan bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan. Atau dengan kata lain, kita pasti ingin bekerja baik itu berwiraswasta maupun bekerja pada orang lain /perusahaan. Bila kita memasuki suatu bidang pekerjaan tertentu, tentunya kita harus menguasai atau setidaknya kita tahu tentang hal yang berkaitan dengan bidang yang sedang digeluti tersebut. Setiap organisasi terutama yang melakukan kegiatan ekonomi tentunya pengelolaan keuangan merupakan salah satu unsur penting dalam organisasi. Tidak mungkin kan bila dalam melakukan kegiatan ekonomi /bisnis, keuangan dijalankan begitu saja tanpa ada laporan penggunaan uang kas, berapa laba bulan ini, siapa saja yang belum melunasi hutang dan sebagainya. Nah, disinilah gunanya kita tahu tentang akuntansi.

Akuntansi itu merupakan sebuah bidang ilmu yang sangat berkaitan erat dengan dunia usaha. Seringkali akuntansi itu diibaratkan sebagai sebuah bahasa bisnis berupa kegiatan jasa yang menyediakan informasi terutama yang bersifat keuangan. Informasi yang dihasilkan dari proses akuntansi ini cukup penting untuk kita mengetahui bagaimana kinerja usaha /bisnis yang kita jalankan. Informasi dari akuntansi ini umumnya berupa laporan keuangan seperti laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan sebagainya.

Lantas, apa sih gunanya laporan keuangan itu?
Setiap organisasi /perusahaan pastilah tidak berjalan sendiri tanpa keterlibatan pihak luar seperti investor, kreditor atau bahkan pemerintah. Laporan keuangan inilah yang digunakan oleh baik itu pihak intern perusahaan ataupun pihak-pihak luar tersebut untuk tahu seberapa baik kinerja perusahaan. Apakah perusahaan selalu mendapat laba besar setiap tahun, lancarkah pembayaran hutangnya dan lain-lain. Dari informasi ini, para pemakai informasi terutama pihak-pihak luar akan lebih mudah dalam mengambil keputusan-keputusan bisnis. Apakah akan menanamkan modalnya ke perusahaan tersebut, apakah diputuskan memberi pinjaman atau tidak, berapa pajak yang harus dipungut dari perusahaan tersebut dan sebagainya. Inilah salah satu faktor penting dipakainya akuntansi itu dalam pengelolaan keuangan. Coba bayangkan kalau seandainya perusahaan / atau toko kelontongan sekalipun tidak jelas pengelolaan keuangannya. Laba atau rugi pun tidak ketahuan.

Nah... sudah tahu kan betapa pentingnya akuntansi itu dalam kegiatan ekonomi terutama pengelolaan keuangan usaha. Masih enggan masuk jurusan akuntansi??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut