Minggu, 29 Maret 2009

Membuka File MYOB


Pada jendela Welcome to MYOB Accounting, biasanya yang paling sering dipakai adalah button Open dan Create. Pada bahasan kali ini, kita akan membuka file yang pernah kita buat sebelumnya melalui button create.

Untuk membuka file MYOB yang pernah dibuat sebelumnya kita pilih button Open.
Setelah button Open diklik, akan tampil sebuah jendela berupa kotak dialog yang menunjukkan lokasi penyimpanan file yang akan dibuka. MYOB biasanya akan mengarahkan lokasi penyimpanan pada folder di mana program MYOB terinstall di komputer. Apabila file yang ingin dibuka disimpan di lokasi lain, kita tinggal tentukan saja lokasi file-nya.
Setelah file dibuka, MYOB akan menampilkan kotak dialog yang menanyakan user ID dan password dari pengguna. Pada MYOB versi yang lama, user ID dibuat berbarengan pada saat kita membuat file baru, sementara pada versi yang baru user ID biasanya mengikuti username pengguna komputer yang login pada saat pembuatan file. Password digunakan untuk melindungi data sehingga keamanan file MYOB kita akan terjaga.
Setelah kita klik OK, MYOB akan menampilan jendela kotak dialog yang menampilkan pilihan-pilihan untuk registrasi. MYOB Accounting merupakan software berbayar, oleh karenanya untuk dapat menggunakan software ini kita harus melakukan pembelian dimana kita akan mendapatkan kode registrasi berupa kode 7 digit (MYOB versi 12) sebagai hak untuk menggunakan MYOB Accounting. Kode registrasi yang dibutuhkan cukup satu saja yang dapat digunakan untuk semua file MYOB. Jendela kotak dialog registrasi MYOB akan selalu muncul pada waktu kita membuka file selama kita belum memasukkan kode registrasi.
MYOB menyediakan tiga pilihan yang bisa kita lakukan yakni :
  • How to Register
    Opsi ini dipilih apabila kita ingin melakukan registrasi melalui internet dengan cara masuk ke situs online MYOB (http://my.myob.com.au). Atau bisa pula melalui fax atau via telepon.

  • Enter Now
    Opsi ini dipilih apabila kita telah memiliki nomor registrasi MYOB.

  • Enter Later
    Opsi ini dipilih apabila kita akan memasukkan nomor registrasi MYOB nanti. Apabila opsi ini dipilih, dalam arti kita tidak melakukan registrasi, maka MYOB hanya dapat dibuka sebanyak 25 kali saja.
Selanjutnya MYOB akan menampilkan kotak dialog verifikasi data yang berfungsi untuk mengecek apakah terdapat error atau kesalahan pada file yang akan dibuka. Verifikasi data ini cukup penting untuk pemeliharaan data MYOB kita. Sementara apabila kita akan keluar dari program MYOB, akan ditampilkan kotak dialog backup data yang berfungsi menyimpan data cadangan file MYOB kita.

Apabila proses verifikasi selesai, maka kita akan langsung menuju ke jendela command centre dan bisa menggunakan MYOB seperti biasa.

3 komentar:

  1. apabila user id dan pass lupa gimna???

    BalasHapus
  2. gimana cara membuka file myob yg terkunci? padahal tidak saya kunci, kok bisa terkunci? apakah sistemnya?

    BalasHapus

Pengikut