Rabu, 25 Maret 2009

Mengenal Command Centre MYOB


Setelah pada tulisan terdahulu kita telah berkenalan dengan MYOB Accounting, maka pada kesempatan ini kita akan mempelajari secara umum berbagai fasilitas yang disediakan MYOB untuk pemrosesan akuntansi. Untuk mengawali, mari kita kenali dulu jendela command centre yang berisikan modul-modul utama dari MYOB.
Sebagaimana yang terlihat, MYOB menyediakan modul-modul utama yang terdiri dari AccountsBanking – Sales – PurchasesInventoryCard File (tergantung dari versi MYOB). Masing-masing modul ini mewakili setiap kegiatan akuntansi seperti penjurnalan, penerimaan piutang, penjualan, pembelian dan sebagainya. Setiap modul memiliki bagian-bagian sendiri yang digunakan untuk kegiatan akuntansi. Untuk lebih jelas, mari kita pelajari secara singkat masing-masing modul utama MYOB ini.

  • Accounts
    Modul Accounts adalah modul yang berisikan materi yang berkaitan dengan pemeliharaan bagan rekening seperti pembuatan rekening baru, edit rekening baru, penghapusan dan lain-lain. Selain itu juga modul accounts berisikan materi pencatatan jurnal untuk transaksi-transaksi umum (jurnal umum).

  • Banking
    Modul Banking adalah modul yang berisikan materi yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan lewat bank seperti pembayaran hutang melalui giro, penerimaan piutang, rekonsiliasi saldo perusahaan dengan saldo Bank dan lain-lain.

  • Sales
    Modul Sales adalah modul yang berisikan materi yang berkaitan dengan kegiatan penjualan seperti penerbitan faktur, surat jalan dan lain-lain.

  • Purchases
    Modul Purchases adalah modul yang berisikan materi yang berkaitan dengan kegiatan pembelian yang dilakukan perusahaan seperti pemesanan pembelian dan lain-lain.

  • Inventory
    Modul Inventory adalah modul yang berisikan materi yang berkaitan dengan pengelolaan persediaan seperti kartu persediaan, mentransfer persediaan dan lain-lain.

  • Card File
    Modul Card File adalah modul yang berisikan materi yang berkaitan dengan pengelolaan daftar pelanggan, kreditor dan daftar kontak perusahaan dengan pihak lainnya.

Pada jendela command centre, setiap modul mempunyai bagian-bagiannya masing-masing yang ditampilkan dengan button-button yang berkaitan dengan modul yang dipilih. Sehingga bila ingin mengakses kegiatan tertentu kita harus memilih modul yang berkaitan. Misalnya bila ingin menginput jurnal umum maka kita pilih modul Accounts, bila ingin mencatat pembelian maka kita pilih modul Purchases dan sebagainya. Selain dari modul-modul utama, pada jendela command centre juga terdapat command panel yang menyediakan fasilitas laporan dan analisis yang dapat diakses kapanpun selama berada pada jendela command centre tidak peduli kita berada dalam modul apapun. Command panel ini menyediakan beragam fungsi sesuai dengan nama item yang dipilih. Misalnya pada panel Analysis, kita dapat menganalisa laporan keuangan dua tahun terakhir, menganalisa penjualan dan sebagainya.
Demikianlah pengenalan singkat kita dengan jendela command centre MYOB yang merupakan jendela utama dari aplikasi MYOB Accounting dalam melakukan kegiatan akuntansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut